Strategi Pencapaian, Program, Kegiatan dan Target Indikator Kinerja Prodi MIE FEB
Strategi Pencapaian | Program | Kegiatan | Indikator | |
Tujuan 1: Mewujudkan proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas | ||||
Melakukan promosi prodi | P1. Program Peningkatan Daya Tampung Prodi | Promosi Prodi | Jumlah mahasiswa baru | |
Persentase camaba melakukan daftar ulang | ||||
Persentase mahasiswa per angkatan yang berhasil lulus | ||||
Seleksi maba dan/atau peningkatan mutu maba sehingga memenuhi kriteria yang telah ditentukam | P2. Program Peningkatan Mutu Proses Belajar-Mengajar
|
Penyelengaraan ujian TOEFL | Persentase mahasiswa yang memenuhi syarat TOEFL minimal saat mendaftar | |
Menyelenggarakan proses penyegaran atau penyamaan pemahaman awal (?): matrikulasi
|
Penyelengaraan ujian TPA | Persentase mahasiswa yang memenuhi syarat TPA minimal saat mendaftar | ||
Seleksi Mahasiswa Baru | Rasio camaba yg ikut seleksi:daya tampung | |||
Penyelenggaraan Matrikulasi | Persentase Maba ‘lulus’ matrikulasi | |||
Merumuskan kurikulum sesuai ketentuan standard nasional PT | Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI | Ada kurikulum KKNI / kurikulum sesuai ketentuan terbaru | ||
Melaksanakan, mengendalikan dan mengevalusi mutu kurikulum secara reguler dan berkelanjutan
|
Penyusunan RPS dalam kurikulum berbasis KKNI | Persentase mata kuliah yang telah dilengkapi RPS | ||
Penyediaan Bahan/buku ajar | Persentase mata kuliah yang telah dilengkapi Bahan/Buku ajar | |||
Penyediaan Bahan/buku ajar berbasis keunikan prodi/fak/universitas | Jumlah bahan ajar dengan konten keunikan prodi/fak/universitas | |||
Penyediaan Bahan/buku ajar berbasis hasil riset dosen | Jumlah bahan ajar dengan konten hasil penelitian dosen | |||
Evaluasi kurikulum | Ada evaluasi kurikulum | |||
Meningkatkan kualitas dosen melalui keikutsertaan dosen dalam berbagai pendidikan, pelatihan, maupun forum-forum keilmuwan lainnya | P3. Program Peningkatan Kualitas Dosen
|
Bantuan keikutsertaan seminar untuk dosen* | Jumlah publikasi dosen di proceeding seminar nasional/internasional | |
Meningkatkan kuantitas dan kualitas ‘output’ tridharma dosen
|
Bantuan publikasi ilmiah* | Jumlah publikasi dosen di jurnal nasional | ||
Jumlah publikasi dosen di jurnal nasional terakreditasi | ||||
Workshop penulisan artikel jurnal internasional* | Jumlah publikasi dosen di jurnal internasional | |||
Keikutsertaan dosen dalam pelatihan pengembangan kompetensi* | Jumlah dosen yang mengikuti diklat/kursus pengembangan komptensi | |||
Menyusun, mengimplementasikan dan monev prosedur standard proses dikjar yang bermutu | P4. Program peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran/alumni
|
Penyusunan Panduan/SOP Pembimbingan dan Penyusunan Tesis | Rasio dosen:mahasiswa | |
Meningkatkan kuantitas dan kualitas aktifitas pendukung dikjar | Monev/Audit Proses Pembimbngan dan Penyusunan Tesis
|
Persentase pembimbing tesis sesuai ketentuan minimal dan keahlian | ||
Meningkatkan mutu bahan dan metode pembelajaran
|
Persentase dosen penguji sesuai ketentuan minimal dan bidang keahlian | |||
Rasio mahasiswa:dosen pembimbing | ||||
Kuliah Tamu/Seminar/Praktikum/Workshop?Pelatiah dengan tema tertentu | Jumlah praktikum/pelatihan/worshop/kultam/visit studi per semester | |||
Pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran | Persentase kehadiran dosen dalam PBM sesuai RPS | |||
Meningkatkan peran Jaminan Mutu Program Studi dalam monitoring dan evaluasi mutu prodi
|
P5. Program optimalisasi SPMI Prodi | Penyusunan dan Sosialisasi dokumen mutu prodi | Ada Renstra | |
Monitoring dan evaluasi PBM | Ada Standard mutu prodi | |||
Audit kepatuhan SOP/Panduan | Ada Panduan akademik | |||
Audit mutu internal
|
Ada Panduan Tesis | |||
% SOP yang dimonev/diaudit | ||||
Ada evaluasi PBM dan tindak lanjutnya | ||||
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendukung
|
P6. Program peningkatan sarana-prasarana pendukung Dikjar | Pengadaan buku referensi** | Jumlah judul buku pendukung PBM yang diadakan | |
Updating web prodi | Ada web prodi dan terupdate | |||
Pengelolaan Jurnal MIE | Ada jurnal | |||
Meningkatkan koordinasi internal dan eksternal serta kelembagaan program studi dalam menciptakan suasana akademisk yang kondusif | P7. Program Penguatan Kelembagaan | Rapat koordinasi pengelola prodi | Jumlah rapat koordinasi pengelola per semester | |
Forum Bulanan MIE | Jumlah pertemuan ilmiah atau non ilmiah antar pengelola-dosen-mahasiswa per semester | |||
Penyusunan Kebijakan Akademik, Non Akademik, dan Kemahasiswaan MIE | Persentase permasalahan prodi yang ditindaklanjuti melalui kebijakan akademik, non akademik, dan kemahasiswaan | |||
TUJUAN 2. Menghasilkan lulusan magister ekonomi pembangunan yang berperan aktif dan profesional dalam perencanaan pembangunan, khususnya pembangunan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, perencanaan pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta pengembangan ekonomi syariah. | ||||
Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penelitian dan publikasi ilmiah
|
P8. Program peningkatan mutu dan kompetensi lulusan | Bantuan seminar dan/atau publikasi untuk mahasiswa | Jumlah publikasi di proceeding seminar nasional ( per tahun) | |
Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan pulikasinya
|
Jumlah publikasi di proceeding seminar internasional | |||
Jumlah publikasi di jurnal nasional | ||||
Jumlah publikasi di jurnal nasional terakreditasi | ||||
Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang minat (keilmuwan) | Tracer study Prodi | Persentase alumni per angkatan yang terserap di dunia kerja/berwirausaha | ||
Membangun dan memperkuat kelembagaan alumni prodi untuk berperan aktif dalam pengembangan prodi
|
Rata-rata lama tunggu kerja pertama (bulan) | |||
Pelatihan keterampilan bersertifikasi sesuai konsentrasi | Rata-rata lama studi (semester) | |||
Pelatihan keterampilan berkarya bersertifikasi | Rata-rata lama menyelesaikan tesis (semester) | |||
Ujian Proposal | Persentase lulusan dengan IPK > 3,50 | |||
Kegiatan Seminar Hasil | Jumlah sertifikat keterampilan yang dimiliki per mahasiswa | |||
Ujian Akhir Tesia | Jumlah sertifikat keterampilan di bidang keahlian yang dimiliki per mahasiswa | |||
T3. Menghasilkan produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ekonomi pembangunan yang berkontribusi bagi pembangunan daerah maupun nasional | ||||
Meningkatkan fasilitasi aktifitas bersama dosen-mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat | P9. Program Peningkatan Penelitian | Hibah penelitian untuk dosen-mahasiswa | Jumlah penelitian bersama dosen-mahasiswa | |
Workshop/Pelatihan/Pendampingan penyusunan proposal penelitian untuk dosen-mhs | % dosen tetap yang melakukan kerjasama penelitian dengan pihak luar UTM | |||
Jumlah penelitian dengan dana hibah | ||||
P10\. Program Peningkatan Pengabdian kepada Masyarakat | Hibah pengabdian kepada masyarakat untuk dosen-mahasiswa | Jumlah pengabdian kepada masyarakat bersama dosen-mahasiswa | ||
Workshop/pelatihan/pendampingan penyusunan proposal pengabdian kepada masyarakat untuk dosen-mhs | % dosen tetap yang melakukan kerjasama pengabdian kepada masyarakat dengan pihak luar UTM | |||
Jumlah pengabdian kepada masyarakat dengan dana hibah | ||||
Membangun, mengembangkan dan menindaklanjuti kerjasama dengan stakeholders
|
P11. Program Peningkatan Kerjasama | Penjalinan Kerjasama dengan Pihak Luar | Jumlah MoU yang dimotori prodi MIE | |
Temu alumni | Jumlah kegiatan kerjasama dengan alumni di bidang tridharma |
Sumber: Renstra Prodi MIE FEB 2016-2026