konversi & RPS matakuliah S2 2021
KONVERSI DAN RPS MATA KULIAH S2
KONVERSI MATA KULIAH
MATA KULIAH | KODE MK | METODE PBM | SKS | SEMESTER | KETERANGAN | KONVERSI MATAKULIAH (DI LUAR PRODI) | |||
I | II | III | IV | ||||||
Pra Kuliah: Matrikulasi | Sit in di S1 atau Kuliah Umum beserta penugasan: Teori dan Aplikasi Ekonomi mikro – makro | 0 | |||||||
Ekonomi Mikro Lanjutan | ME101 | Blended learning – dlm Prodi | 3 | √ | |||||
Ekonomi Makro Lanjutan | ME102 | 3 | √ | ||||||
Metode Penelitian Kuantitatif | ME103 | 3 | √ | mata kuliah ini outputnya rancangan penelitian/ mini riset | |||||
Metode Penelitian Kualitatif | ME104 | 3 | √ | mata kuliah ini outputnya rancangan penelitian/ mini riset | |||||
Ekonometrika Terapan | ME105 | 3 | √ | output matakuliah pemahaman alat analisis ekonometrika yang membutuhkan aplikasi laboratorium | |||||
Kebijakan Pembangunan Ekonomi | ME106 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | |||||
Ekonomi Internasional | ME211 | Blended learning – dlm Prodi | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | ||||
Ekonomi Kelembagaan | ME212 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | |||||
Ekonomi Publik | ME213 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | |||||
Filosofi Ilmu Ekonomi | ME214 | Dalam prodi | 3 | √ | |||||
Crosscutting Economic Issues | ME215 | Di luar prodi Magister dalam UTM | 3 | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | Konversi matakuliah semua matakuliah ekonomi yang ditawarkan (3 sks) | ||||
MK KURIKULUM MERDEKA | ME217/218/219 | Riset / Pertukaran Mahasiswa / Magang | 6 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis dan outptnya mini riset dan publikasi hasil riset | Konversi matakuliah semua matakuliah dengan jumlah 6 sks (2 matakuliah dengan bobot 2 sks: matakuliah filosofi ekonomi dan croscutting economics issue) | |||
Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Daerah | ME221 | Blended learning – dlm Prodi | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | ||||
Teknik Analisis Perencanaan Pembangunan Ekonomi Regional | ME222 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilkukan berbasis pada laboratorium | |||||
Pembangunan Ekonomi Lokal dan Perencanaan Partisipatif | ME223 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian | |||||
MK KURIKULUM MERDEKA | ME226/227/229 | Riset / Magang / KKNT | 6 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset | Konversi matakuliah semua matakuliah yang di sediakan sebanyak 6 sks (2 matakuliah untuk 3 sks: croscutting economics issue dan filosofi ekonomi) | |||
MK. Ekonomi Kelautan dan Maritim | ME231 | Blended learning – dlm Prodi | 3 | √ | matakuliah ini ouputunya adalah pemikiran konsep problem solving dan project tertentu | ||||
MK. Analisis Daya Dukung Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil | ME232 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian | |||||
MK. Pemetaan Potensi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil | ME233 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian | |||||
MK KURIKULUM MERDEKA | ME234 | Riset / Magang / KKNT | 6 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset | Konversi matakuliah ini pada semua matakuliah yang ditawarkan sebanyak 6 sks (2 matakuliah untuk masing-masing 3 sks : croscutting ekonomi isssu dan filosofi ekonomi ) | |||
MK. Ekonomi Syariah | ME241 | Blended learning – dlm Prodi | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | ||||
MK. Pemikiran Ekonomi Islam | ME242 | 3 | √ | ||||||
MK. Kelembagaan Keuangan Syariah | ME243 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis | |||||
MK. Fiqh Ekonomi | ME244 | Dalam kampus | 3 | √ | mata kuliah ini bermuatan riset | ||||
MK. Metode Riset Ekonomi Syariah | ME245 | 3 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset | |||||
MK KURIKULUM MERDEKA | ME217/218/219 | Riset / Magang / Pertukaran Mahasiswa | 6 | √ | matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset | Konversi matakuliah pada semua matakuliah yang ditawrakan sebanyak 6 sks (2 matakuliah masing-masing 3 sks) : bisa matakuliah croscutting economics issu dan filosofi ekonomi | |||
Tesis | ME107 | 9 | √ | bermuatan riset |
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PERTEMUAN KE. | KEMAMPUAN AKHIR |
INDIKATOR |
BAHAN KAJIAN | STRATEGI PEMBELAJARAN | MEDIA |
WAKTU |
PENGALAMAN BELAJAR |
1. | Mendeskripsikan ruang lingkup dan peran/manfaat kemampuan pengetahuan dan keterampilan di bidang kajian ekonomi mikro intermediate bagi seorang magister ilmu ekonomi. | Mampu menjelaskan kedudukan/pentingnya TE Mikro intermediate dalam capaian pembelajaran s2 Ilmu Ekonomi, ruang lingkum MK, dan rencana pembelajaran MK selama 1 semester | Pendahuluan
· Posisi TE Mikro Intermediate dalam Capaian Pembelajaran S2 IE · Ruang Lingkup TE Mikro Intermediate · Rencana Pembelajaran Semester TE Mikro Intermediate |
· Ceramah
· Tanya/ Jawab (diskusi) · Pembagian kelompok, penugasan |
Rencana Pembeajaran Semester, kontrak kuliah; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | Membaca RPS dan kontrak kuliah;
Mencari literatur terkait MK; mengemukakan pendapat dalam diskusi |
2. | Mendeskripsikan prinsip-prinsip ekonomi mikro serta pemodelannya | Mampu menjelaskan prinsip-prinsip ekomomi, meliputi cakupan bahan kajian, penggunaan analisis ekonomi mikro dan pemodelan ekonomi mikro | Prinsip-prinsip ekonomi
· Pengertian Ek. Mikro · Penggunaan Ekonomi Mikro · Model-model dalam ekonomi mikro · Keseimbangan pasar |
· Ceramah
· Presentasi mahasiswa ttg bahan kajian danpemodelan ekonomi mikro · Diskusi kelas · Merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, Bahan presentasi dan diskusi mahasiswa; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi A (1, 2); N (1); C (1); D (1) atau materi relevan lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang menjadi ranah kajian ekonomi mikro
|
3. | Mendeskripsikan dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang menjadi ranah kajian ekonomi mikro | Mampu menjelaskan konsep kelangkaan dan pilihan dalam ekonomi, utilitas dan hubungannya dengan pilihan konsumen, serta profit dan hubungannya dengan pilihan produsen | Permasalahan-permasalahan ekonomi
· Konsep Kelangkaan dan Pilihan · Utilitas dan pilihan konsumen · Profit dan pilihan produsen |
· Ceramah
· Diskusi kelas · Merangkun lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, Bahan diskusi mahasiswa tentang prinsip-prinsip pilihan konsumen dan produsen; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D (2, 7) dan B(2) atau materi relevan lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang menjadi ranah kajian ekonomi mikro |
4. | Mendeskripsikan konsep dan teori-teori permintaan/ pilihan konsumen | Mampu menjelaskan: (a) teori permintaan/pilihan konsumen; (b) faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan serta pengarunya; dan (c) elastisitas dalam permintaan | Teori Pilihan konsumen (Perilaku Konsumen)
· Teori Konsumsi dan kurva permintaan · Faktor yang mempengaruhi permintaan · Elastisitas harga |
· Ceramah
· Diskusi kelas · Merangkun lesson learned |
Bahan kuliah: ppt; bahan diskusi mahasiswa tentang teori terkait perilaku konsumen; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D(3,4), A (3-5), C(4-5), B (9) atau materi relevan lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku konsumen
|
5. | Mendeskripsikan bukti-bukti empiris yang mendukung atau ‘menolak’ teori / konsep perilaku konsumen | Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku konsumen, mengkaitkannya dengan teori permintaan dan menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Bukti empiris: fenomena perilaku konsumen (teori konsumsi/permintaan dalam dunia nyata): identifikasi dan solusi permasalahan
|
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D(3,4), A (3-5), C(4-5), B (9) atau materi relevan lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku konsumen
|
6. | Mendeskripsikan konsep dan teori-teori permintaan/ pilihan produsen | Mampu menjelaskan teori penawaran/produksi, baik di pasar barang/jasa maupun di pasar tenaga kerja | Teori Produksi dan Perilaku produsen
· Teori produksi/penawaran di pasar barang/jasa · Teori produksi/penawaran di pasar tenaga kerja |
· Ceramah
· Diskusi kelas · Merangkun lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D(5,6,13), A (6-8), C(2-3), B (10) atau materi relevan lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen
|
7. | Mendeskripsikan bukti-bukti empiris yang mendukung atau ‘menolak’ teori / konsep perilaku produsen | Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen, mengkaitkannya dengan teori penawaran dan menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Bukti empiris: fenomena perilaku produsen (teori penawaran dalam dunia nyata): identifikasi dan solusi permasalahan
|
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D(5,6,13), A (6-8), C(2-3), B (10) atau materi relevan lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen
|
Ujian Tengah Semester |
|||||||
8. | Mendeskripsikan perilaku produsen dan konsumen di pasar persaingan sempurna | Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen dan konsumen di pasar persaingan sempurna, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Pasar Persaingan Sempurna di Pasar tenaga kerja dan Pasar Barang:
– Perilaku konsumen dan produsen dalam Pasar Persaingan Sempurna – Empiris: fenomena di Pasar Persaingan sempurna |
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D (8,9), A(9-10), B (12)
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen dan konsumen di pasar persaingan sempurna
|
9. | Mendeskripsikan perilaku produsen dan konsumen di pasar monopili dan oligopoli | Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen dan konsumen di monopoli dan oligopoli, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Pasar Monopoli dan Oligopoli (teori dan empiris)
– Perilaku produsen dan konsumen dalam Pasar monopoli dan oligopoli – Empiris: fenomena di Pasar Monopoli dan Oligopoli |
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D (10), A(11)
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen dan konsumen di pasar monopoli dan oligopoli
|
10. | Mendeskripsikan perilaku produsen dan konsumen di pasar monopsoni dan oligopsoni | Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen dan konsumen di pasar monopsony dan oligopsoni, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Pasar Monopsoni dan Oligopsoni (teori dan empiris)
– Perilaku konsumen dan produsen dalam Pasar monopsoni dan oligopsoni – Empiris: fenomena di Pasar Monopsoni dan Oligopsoni |
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D (11), A(13) dan artikel terkait lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen dan konsumen di pasar monopoli dan oligopoli
|
11. | Mendeskripsikan permasalahan informasi asimetris di dunia nyata, implikasinya, serta solusinya | Mampu mengidentifikasi isu kelembagaan, khususnya terkait dengan informasi asimetrik dan dampaknya, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Informasi asimetrik (teori dan empiris)
– Isu Kelembagaan dan Teori/konsep agensi: permasalahan dan solusi – Empiris: Asimetrik informasi dalam dunia nyata |
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D (15), C(11) dan artikel terkait lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris permasalahan informasi asimetris
|
12. | Mendeskripsikan permasalahan eksternalitas di dunia nyata, implikasinya, serta solusinya | Mampu mengidentifikasi isu eksternalitas positif maupun negative serta dampaknya, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Eksternalitas (teori dan empiris)
– Konsep Eksternalitas dan solusinya – Empiris: permasalahan eksternalitas dalam dunia nyata |
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi D (16), A (17), C(13) dan artikel terkait lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris permasalahan eksternalitas
|
13. | Mendeskripsikan permasalahan barang public dan peran pemerintah, implikasinya, serta solusinya | Mampu mengidentifikasi permasalahan ekonomi yang membutuhkan peran pemerintah serta dampaknya, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Peran pemerintah (teori dan empiris)
– Ekonomi mikro dan peran pemerintah/kebijakan publik – Empiris: dampak peran pemerintah terhadap aktifitas ekonomi (perilaku individu, perusahaan, maupun pasar) |
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit | – Membaca dan mempelajari referensi C (13) dan artikel terkait lainnya
– Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris permasalahan barang publik dan peran pemerintah
|
14. | Mendeskripsikan permasalahan ekonomi mikro, implikasinya, dan solusiya (studi kasus di Madura) | Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen, konsumen, dan pasar dalam aktifitas ekonomi di Madura, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan | Study kasus TE Mikro (perilaku produksi, konsumsi, pasar, dst) di Madura
– Empiris perilaku konsumen, produsen dan pasar di Madura |
· Ceramah
· Diskusi panel: Presentasi dan diskusi · Pleno dan merangkum lesson learned |
Bahan kuliah: ppt, kasus/artikel yang direview, khususnya studi kasus di Madura; Laptop dan LCD | 3 x 50 menit |
– Mencari, Membaca dan mempelajari artikel terkait pilihan mahasiswa sendiri dan/atau dosen
|
Ujian Akhir Semester |