Silabus

konversi & RPS matakuliah S2 2021

KONVERSI DAN RPS MATA KULIAH S2

KONVERSI MATA KULIAH

MATA KULIAH KODE MK METODE PBM SKS SEMESTER KETERANGAN KONVERSI MATAKULIAH (DI LUAR PRODI)
I II III IV
Pra Kuliah: Matrikulasi Sit in di S1 atau Kuliah Umum beserta penugasan: Teori dan Aplikasi Ekonomi mikro – makro 0
Ekonomi Mikro Lanjutan ME101 Blended learning – dlm Prodi 3
Ekonomi Makro Lanjutan ME102 3
Metode Penelitian Kuantitatif ME103 3 mata kuliah ini outputnya rancangan penelitian/ mini riset
Metode Penelitian Kualitatif ME104 3 mata kuliah ini outputnya rancangan penelitian/ mini riset
Ekonometrika Terapan ME105 3 output matakuliah pemahaman alat  analisis ekonometrika yang membutuhkan aplikasi laboratorium
Kebijakan Pembangunan Ekonomi ME106 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis
Ekonomi Internasional ME211 Blended learning – dlm Prodi 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis
Ekonomi Kelembagaan ME212 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis
Ekonomi Publik ME213 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis
Filosofi Ilmu Ekonomi ME214 Dalam prodi 3
Crosscutting Economic Issues ME215 Di luar prodi Magister dalam UTM 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis Konversi matakuliah semua matakuliah ekonomi yang ditawarkan (3 sks)
MK KURIKULUM MERDEKA ME217/218/219 Riset / Pertukaran Mahasiswa / Magang 6 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis dan outptnya mini riset dan publikasi hasil riset Konversi matakuliah semua matakuliah dengan jumlah 6 sks (2 matakuliah dengan bobot 2 sks: matakuliah filosofi ekonomi dan croscutting economics issue)
Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Daerah ME221 Blended learning – dlm Prodi 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis
Teknik Analisis Perencanaan Pembangunan Ekonomi Regional ME222 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilkukan berbasis pada laboratorium
Pembangunan Ekonomi Lokal dan Perencanaan Partisipatif ME223 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian
MK KURIKULUM MERDEKA ME226/227/229 Riset / Magang / KKNT 6 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset Konversi matakuliah semua matakuliah yang di sediakan sebanyak 6 sks (2 matakuliah untuk 3 sks: croscutting economics issue dan filosofi ekonomi)  
MK. Ekonomi Kelautan dan Maritim ME231 Blended learning – dlm Prodi 3 matakuliah ini ouputunya adalah pemikiran konsep problem solving dan project tertentu
MK. Analisis Daya Dukung Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil ME232 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian
MK. Pemetaan Potensi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil ME233 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teoritis dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian
MK KURIKULUM MERDEKA ME234 Riset / Magang / KKNT 6 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset Konversi matakuliah ini pada semua matakuliah yang ditawarkan sebanyak  6 sks (2 matakuliah untuk masing-masing 3 sks : croscutting ekonomi isssu dan filosofi ekonomi )
MK. Ekonomi Syariah ME241 Blended learning – dlm Prodi 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis
 MK. Pemikiran Ekonomi Islam ME242 3
MK. Kelembagaan Keuangan Syariah ME243 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis
MK. Fiqh Ekonomi ME244 Dalam kampus 3 mata kuliah ini bermuatan riset
MK. Metode Riset Ekonomi Syariah ME245 3 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset
MK KURIKULUM MERDEKA ME217/218/219 Riset / Magang / Pertukaran Mahasiswa 6 matakuliah ini menggunakan kombinasi belajar teorits dan studi kasus analisis di lokasi tertentu menjadi pengabdian dan dapat dilakukan sebagai mini riset Konversi matakuliah pada semua matakuliah yang ditawrakan sebanyak 6 sks (2 matakuliah masing-masing 3 sks) : bisa matakuliah croscutting economics issu dan filosofi ekonomi
Tesis ME107 9 bermuatan riset

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

PERTEMUAN KE. KEMAMPUAN AKHIR  

INDIKATOR

BAHAN KAJIAN STRATEGI PEMBELAJARAN MEDIA  

WAKTU

 

PENGALAMAN BELAJAR

1. Mendeskripsikan ruang lingkup dan peran/manfaat kemampuan pengetahuan dan keterampilan di bidang kajian ekonomi mikro intermediate bagi seorang magister ilmu ekonomi. Mampu menjelaskan kedudukan/pentingnya TE Mikro intermediate dalam capaian pembelajaran s2 Ilmu Ekonomi, ruang lingkum MK, dan rencana pembelajaran MK selama 1 semester Pendahuluan

·    Posisi TE Mikro Intermediate dalam Capaian Pembelajaran S2 IE

·    Ruang Lingkup TE Mikro Intermediate

·    Rencana Pembelajaran Semester TE Mikro Intermediate

·    Ceramah

·    Tanya/ Jawab (diskusi)

·    Pembagian kelompok, penugasan

Rencana Pembeajaran Semester, kontrak kuliah; Laptop dan LCD 3 x 50 menit Membaca RPS dan kontrak kuliah;

Mencari literatur terkait MK; mengemukakan pendapat dalam diskusi 

2. Mendeskripsikan prinsip-prinsip ekonomi mikro serta pemodelannya Mampu menjelaskan prinsip-prinsip ekomomi, meliputi cakupan bahan kajian, penggunaan analisis ekonomi mikro dan pemodelan ekonomi mikro Prinsip-prinsip ekonomi

·    Pengertian Ek. Mikro

·    Penggunaan Ekonomi Mikro

·    Model-model dalam ekonomi mikro

·    Keseimbangan pasar

·    Ceramah

·    Presentasi mahasiswa ttg bahan kajian danpemodelan ekonomi mikro

·    Diskusi kelas

·    Merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, Bahan presentasi dan diskusi mahasiswa; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi A (1, 2);  N (1); C (1); D (1) atau materi relevan lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang menjadi ranah kajian ekonomi mikro

 

3. Mendeskripsikan dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang menjadi ranah kajian ekonomi mikro Mampu menjelaskan konsep kelangkaan dan pilihan dalam ekonomi, utilitas dan hubungannya dengan pilihan konsumen, serta profit dan hubungannya dengan pilihan produsen Permasalahan-permasalahan ekonomi

·    Konsep Kelangkaan dan Pilihan

·    Utilitas dan pilihan konsumen

·    Profit dan pilihan produsen

·    Ceramah

·    Diskusi kelas

·    Merangkun lesson learned

Bahan kuliah: ppt, Bahan diskusi mahasiswa tentang prinsip-prinsip pilihan konsumen dan produsen; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D (2, 7) dan B(2) atau materi relevan lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang menjadi ranah kajian ekonomi mikro

4. Mendeskripsikan konsep dan teori-teori permintaan/ pilihan konsumen Mampu menjelaskan: (a) teori permintaan/pilihan konsumen; (b) faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan serta pengarunya; dan (c) elastisitas dalam permintaan Teori Pilihan konsumen (Perilaku Konsumen)

·    Teori Konsumsi dan kurva permintaan

·    Faktor yang mempengaruhi permintaan

·    Elastisitas harga

·    Ceramah

·    Diskusi kelas

·    Merangkun lesson learned

Bahan kuliah: ppt; bahan diskusi mahasiswa tentang teori terkait perilaku konsumen; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D(3,4), A (3-5), C(4-5), B (9) atau materi relevan lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku konsumen

 

5. Mendeskripsikan bukti-bukti empiris yang mendukung atau ‘menolak’ teori / konsep perilaku konsumen Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku konsumen, mengkaitkannya dengan teori permintaan dan menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Bukti empiris: fenomena perilaku konsumen (teori konsumsi/permintaan dalam dunia nyata): identifikasi dan solusi permasalahan

 

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D(3,4), A (3-5), C(4-5), B (9) atau materi relevan lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku konsumen

 

6. Mendeskripsikan konsep dan teori-teori permintaan/ pilihan produsen Mampu menjelaskan teori penawaran/produksi, baik di pasar barang/jasa maupun di pasar tenaga kerja Teori Produksi dan Perilaku produsen

·    Teori produksi/penawaran di pasar barang/jasa

·    Teori produksi/penawaran di pasar tenaga kerja

·    Ceramah

·    Diskusi kelas

·    Merangkun lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D(5,6,13), A (6-8), C(2-3), B (10) atau materi relevan lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen

 

7. Mendeskripsikan bukti-bukti empiris yang mendukung atau ‘menolak’ teori / konsep perilaku produsen Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen, mengkaitkannya dengan teori penawaran dan menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Bukti empiris: fenomena perilaku produsen (teori penawaran dalam dunia nyata): identifikasi dan solusi permasalahan

 

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D(5,6,13), A (6-8), C(2-3), B (10) atau materi relevan lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen

 

Ujian Tengah Semester

8. Mendeskripsikan perilaku produsen dan konsumen di pasar persaingan sempurna Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen dan konsumen di pasar persaingan sempurna, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Pasar Persaingan Sempurna di Pasar tenaga kerja dan  Pasar Barang:

–        Perilaku konsumen dan produsen dalam Pasar Persaingan Sempurna

–        Empiris: fenomena di Pasar Persaingan sempurna

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D (8,9), A(9-10), B (12)

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen dan konsumen di pasar persaingan sempurna

 

9. Mendeskripsikan perilaku produsen dan konsumen di pasar monopili dan oligopoli Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen dan konsumen di monopoli dan oligopoli, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Pasar Monopoli dan Oligopoli (teori dan empiris)

–        Perilaku produsen dan konsumen dalam Pasar monopoli dan oligopoli

–        Empiris: fenomena di Pasar Monopoli dan Oligopoli

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D (10), A(11)

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen dan konsumen di pasar monopoli dan oligopoli

 

10. Mendeskripsikan perilaku produsen dan konsumen di pasar monopsoni dan oligopsoni Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen dan konsumen di pasar monopsony dan oligopsoni, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Pasar Monopsoni dan Oligopsoni  (teori dan empiris)

–        Perilaku konsumen dan produsen dalam Pasar monopsoni dan oligopsoni

–        Empiris: fenomena di Pasar Monopsoni dan Oligopsoni

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D (11), A(13) dan artikel terkait lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris teori perilaku produsen dan konsumen di pasar monopoli dan oligopoli

 

11. Mendeskripsikan permasalahan informasi asimetris di dunia nyata, implikasinya, serta solusinya Mampu mengidentifikasi isu kelembagaan, khususnya terkait dengan informasi asimetrik dan dampaknya, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Informasi asimetrik (teori dan empiris)

–        Isu Kelembagaan dan Teori/konsep agensi: permasalahan dan solusi

–        Empiris: Asimetrik informasi dalam dunia nyata

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D (15), C(11) dan artikel terkait lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris permasalahan informasi asimetris

 

12. Mendeskripsikan permasalahan eksternalitas di dunia nyata, implikasinya, serta solusinya Mampu mengidentifikasi isu eksternalitas positif maupun negative serta dampaknya, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Eksternalitas (teori dan empiris)

–        Konsep Eksternalitas dan solusinya

–        Empiris: permasalahan eksternalitas dalam dunia nyata

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi D (16), A (17), C(13) dan artikel terkait lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris permasalahan eksternalitas

 

13. Mendeskripsikan permasalahan barang public dan peran pemerintah, implikasinya, serta solusinya Mampu mengidentifikasi permasalahan ekonomi yang membutuhkan peran pemerintah serta dampaknya, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Peran pemerintah (teori dan empiris)

–        Ekonomi mikro dan peran pemerintah/kebijakan publik

–        Empiris: dampak peran pemerintah terhadap aktifitas ekonomi (perilaku individu, perusahaan, maupun pasar)

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, referensi yang digunakan dalam pertemuan ini; Laptop dan LCD 3 x 50 menit –   Membaca dan mempelajari referensi C (13) dan artikel terkait lainnya

–   Mencari dan mengidentifikasi artikel terkait bukti empiris permasalahan barang publik dan peran pemerintah

 

14. Mendeskripsikan permasalahan ekonomi mikro, implikasinya, dan solusiya (studi kasus di Madura) Mampu mengidentifikasi permasalahan terkait perilaku produsen, konsumen, dan pasar  dalam aktifitas ekonomi di Madura, mengkaitkannya dengan teori/konsep, serta menemukan solusi serta rekomendasi perbaikan/penelitian lanjutan Study kasus TE Mikro (perilaku produksi, konsumsi, pasar, dst) di Madura

–        Empiris perilaku konsumen, produsen dan pasar di Madura

·    Ceramah

·    Diskusi panel: Presentasi dan diskusi

·    Pleno dan merangkum lesson learned

Bahan kuliah: ppt, kasus/artikel yang direview, khususnya studi kasus di Madura; Laptop dan LCD 3 x 50 menit

–   Mencari, Membaca dan mempelajari artikel terkait pilihan mahasiswa sendiri dan/atau dosen

Ujian Akhir Semester