Tugas Pokok & Fungsi

Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Trunojoyo Madura Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Rincian Tugas Ketua Dan Sekretaris Jurusan, Koordinator Program Studi Dan Kepala Laboratorium Universitas Trunojoyo Madura

Tugas Ketua Jurusan :

  1. Menyusun Rencana dan program kerja Jurusan sebagai pedoman kerja;
  2. Menyediakan data kebutuhan dosen jurusan;
  3. Membuat konsep rencana pengembangan Jurusan (studi lanjut/ pelatihan staf/pengajar, laboran, pelatihan kompetensi keilmuan mahasiswa) sebagai bahan masukan ke Dekan dalam pembuatan kebijakan;
  4. Mengajukan usul penugasan Dosen Wali, pembimbing dan penguji tugas akhir, pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada Dekan, atas masukan dari koordinator prodi;
  5. Mengkoordinir dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan beban tugas dan keahliannya; dan
  6. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Jurusan sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.

Tugas Sekretaris Jurusan:

  1. Membantu menyusun bahan konsep rencana dan program kerja tahunan Jurusan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membantu menyusun bahan konsep rencana pengembangan Jurusan (studi lanjut, pelatihan staf/pengajar, laboran, pelatihan soft skill mahasiswa);
  3. Mengkoordinir ketatausahan Jurusan dan menghimpun dokumen yang berkaitan dengan Program Studi; dan
  4. Membantu tupoksi kajur secara umum.

Tugas Koordinator Program Studi :

  1. Menyusun rencana program kerja program studi per tahun berdasarkan beban kerja Program Studi dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan perkuliahan;
  2. biaya operasional Program Studi;
  3. Mengkoordinasikan penyelenggaraan pendidikan akademik/vokasi/profesi di program studi;
  4. Mengkoordinasikan pembuatan RPS dan SAP pengajaran;
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan ujian, pengumpulan soal ujian, dan pengendalian mutu soal ujian;
  6. Mengajukan usul/menentukan penugasan Dosen Wali atau Penasehat akademik, pembimbing dan penguji tugas akhir , pengajaran tiap semester;
  7. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu Program Studi;
  8. Menyusun rencana pelaksanaan praktikum;
  9. Mengkoordinasikan mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir dengan Dosen Pembimbing untuk kelancaran tugas akademik; dan
  10. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan prodi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.

Tugas Kepala Laboratorium :

  1. Menyusun rencana dan program kerja atau kegiatan laboratorium/ studio;
  2. Mengkoordinir, mengatur dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk praktikum dan penelitian;
  3. Menyusun petunjuk teknis (SOP) penggunaan laboratorium;
  4. Menyusun rencana pengadaan dan perawatan peralatan laboratorium;
  5. Bertanggung jawab terhadap inventaris alat dan bahan praktikum;
  6. Mengajukan usulan bahan dan alat yang dibutuhkan tiap semester kepada Dekan melalui Ketua jurusan;
  7. Melaporkan kerusakan, kehilangan dan kekurangan-kekurangan fasilitas yang berada dibawah tanggung jawab Ketua Laboratorium kepada Ketua jurusan;
  8. Melakukan koordinasi pengembangan keilmuan pada bidang kajian tertentu melalui kegiatan pengajaran maupun penelitian;
  9. Berhak menolak permintaan pemakaian laboratorium diluar ketentuan yang berlaku; dan
  10. Menyusun laporan pengelolaan laboratorium secara periodik.