Kuliah Tamu Nasional: Pengenalan dan Manajemen Data IFLS

 


Kuliah Tamu Nasional: Pengenalan dan Manajemen Data IFLS

Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan kuliah tamu nasional yang bertemakan “Pengenalan dan Manajemen Data Indonesia Family Life Survey (IFLS)” pada tanggal 15-16 November 2023. Kuliah tamu ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa semester 3 dan 5 tentang cara mengakses, mengolah, dan menganalisis data IFLS yang merupakan salah satu sumber data longitudinal terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Kuliah tamu ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu dengan menggabungkan metode tatap muka dan daring. Peserta yang hadir secara tatap muka berada di ruang kelas belajar hibrida (RKBH) 1.1 dan 1.2, sedangkan peserta yang hadir secara daring mengikuti kuliah tamu melalui aplikasi Zoom Meeting. Kuliah tamu ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu:

  • Sesi pertama pada tanggal 15 November 2023, dengan narasumber Fajar Rakhmadi, peneliti senior dari Lembaga Riset Inovasi dan Sosial Ekonomi (RISED). Pada sesi ini, peserta mendapatkan pengenalan tentang latar belakang, tujuan, metodologi, cakupan, dan konten data IFLS, serta cara mengakses data IFLS melalui website resmi RISED.
  • Sesi kedua pada tanggal 16 November 2023, dengan narasumber Yessy Yuliana, peneliti muda dari RISED. Pada sesi ini, peserta mendapatkan pelatihan tentang cara mengolah dan menganalisis data IFLS menggunakan perangkat lunak statistik Stata, serta cara membuat laporan dan visualisasi data IFLS yang menarik dan informatif.

Kuliah tamu ini mendapatkan respons yang positif dari peserta, baik yang hadir secara tatap muka maupun daring. Peserta merasa mendapatkan manfaat yang besar dari kuliah tamu ini, terutama dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam bidang ekonomi pembangunan. Peserta juga berharap ada kuliah tamu serupa yang diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trunojoyo Madura di masa mendatang.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *