Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Menjalin Kerjasama Beasiswa Gelar dengan Pusbindiklatren Bappenas

Bersama para pimpinan Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Koordinator Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Dr. Anita Kristina, S.E., M.Si berangkat menuju Jakarta   untuk melakukan kerjasama dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan (Pusbindiklatren) Badan Perencanaan Nasional. Hal ini dilakukans sebagai langkah pengelola Program Studi Magister Ilmu Ekonomi untuk mencapai Visi Program Studi yang telah dirancang sebagai suatui mimpi yang ingin dicapai manakala progranm studi tebentu. Adapun Visi Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura yakni

“Menjadi Program Studi yang unggul di pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Ekonomi Syariah di tingkat nasional pada tahun 2026”

Oleh karena itu, untuk mencapai visi tersebut dibutuhkan beberapa langkah dan upaya yang harus dilakukan yakni salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan kerjasama dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan (Pusbindiklatren). 

Pusbindiklatren Bappenas memiliki untuk mewujudkan rencana pembangunan yang berkualitas tersebut dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja unit kerja perencanaan pembangunan di pusat dan daerah. Sejalan dengan tujuan tersebut, maka Program Studi Magister Ilmu Ekonomi memanfaatkan tujuan yang sejalan ini dengan melakukan kerjasama dengan Pusbindiklatren untu dapat menghasilkan lulusan yang dapat ahli dalam bidang perencanaan pembangunan. Sehingga adanya kerjasama ini dapat  memberikan kesempatan bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi dalam mengembangkan kemampuannya di Bidang Perencanaan Pembangunan Wilayah. 

Pada perkembangannya, Pusbindiklatren tidak hanya bergerak dalam pendidikan dan pelatihan (Diklat) namun menjalani beberapa peran yang bervariasi diantaranya adalah mengelola dan mengkoordinasikan dana hibah luar negeri dan pemberian program beasiswa. Oleh karena itu, dengan adanya kerjasama ini tidak hanya berdampak peningkatan kualitas mutu lulusan Program Studi Magister Ilmu Ekonomi namun dapat memberikan kesempatan beasiswa kepada para mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Ekonomi sehingga dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dalam memenuhi akses pembiayaan selama proses kuliah. Adanya beasiswa ini, dapat menjadi semangat dan motivasi para mahasiswa dalam meningkatkan semangat dalam belajar serta menjadi motivasi bagi calon mahasiswa baru untuk masuk menjadi bagian dari keluarga Prodi Magister Ilmu Ekonomi. 
Oleh karen itu, adanya kerjasama ini pada ajkhirnya diharapkan akan memberikan dampak besar dalam meningkatkan mutu pendidikan Program Studi Magister Ilmu Ekonomi untuk terus dan seanantiasa memberikan pelayanan prima bagi setiap mahasiswa yang ada di lingkungan Prodi Magister Ilmu Ekonomi. 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *